- Suatu upaya yang cermat, Maksudnya bahwa dalam pemikiran secara administratif seorang admistrator merencanakan upaya pencapaian tujuan tersebut secara rasional, maka perlu memperhitungkan langkah-langkah yang harus ditempuh berdasarkan perhitungan yang matang. Dalam proses ini, mengandung pengertian perhitungan dampak positif dan dampak negatif dari suatu keputusan.
- Melalui kerjasama, Admistrator menyadari bahwa dirinya dan orang-orang disekitarnya memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan.Oleh karena itu, seorang administrator harus memanfaatkan kelebihan dan kekurangan tersebut sebagai sumber daya secara maksimal. Hal ini berarti administrator harus berupaya secara baik untuk mempengaruhi orang lain, agar mau dengan senang hati melakukan aktivitas sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, seberat apapun tugas yang dipikul dalam mewujudkan tujuan akan terasa ringan dan menyenangkan.
- Untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnyaSemua aktivitas dari administrator dan orang-orang yang bekerja sama tersebut seyogyanya mengarah kepada tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, baik ditentukan secara individual maupun kolektif.Bagaimanapun aktivitas tersebut merupakan langkah awal yang harus ditentukan oleh seorang administrator bersama dengan orang-orang lain disekitanya.Dengan adanya tujuan yang telah ditentukan, maka menjadi arah yang kuat bagi seluruh orang untuk mewujudkan tujuan tersebut”.
Pengertian Administrasi menurut para ahli
1. Pengertian Administrasi menurut Gie dalam Sudriamunawar (2012:1)
2. Pengertian Administrasi menurut Silalahi (2011:11)
3. Pengertian Administrasi menurut Sondang P Siagian (2008:2)
4. Unsur-unsur Administrasi menurut Sudriamunawar (2012:4)
0 comments:
Post a Comment